PD PPJ Akan Bantu Percepat Hilirisasi Cocovine Pengganti Formalin | PD. PASAR PAKUAN JAYA
1 | 1 10 Oktober 2018 | Dilihat: 57 Kali | Cetak

PD PPJ Akan Bantu Percepat Hilirisasi Cocovine Pengganti Formalin


PD PPJ Akan Bantu Percepat Hilirisasi  Cocovine Pengganti Formalin

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor – Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor ikuti rapat pembahasan inisiasi kerjasama percepatan hilirisasi invensi vinegar air kelapa (cocovine) bersama Kementerian Pertanian RI, Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Kementerian Pertanian RI, Dinas Pertanian Kota Bogor,  Bank Mandiri, serta CV. Loji Laju Inovasi di Ruang rapat Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (08/10).

Cocovine merupakan pengawet alami yang berbahan baku lokal, sehat dan ramah lingkungan. Cocovine merupakan pengawet alami yang baik untuk ayam, daging, ikan, dan tahu. Cocovine menghambat pertumbuhan mikroba pathogen (E.Coli dan L. Monocythoges) pada bahan makanan ayam, daging, dan ikan yang mempunyai umur simpan pada suhu ruang antara 5-7 jam dan pada suhu dingin 9 hari. Cocovine berfungsi sebagai pengganti formalin karena formalin saat ini sangat marak penggunaannya dimasyarakat. Formalin sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena dapat memicu kanker dan menimbulkan alergi kulit. Serta pemerintah melarang penggunaan formalin untuk mengawetkan bahan baku makanan.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian telah menghasilkan invensi vinegar air kelapa yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung terciptanya keamanan pangan. Invensi tersebut telah dikembangkan oleh tenant incubator Balitbangtan, CV.Loji Laju Inovasi, dan sudah mulai diproduksi namun skalanya masih terbatas dengan merk cocovine, dengan demikian perlu untuk dilaksanakan upaya percepatan hilirisasi invensi vinegar air kelapa melalui kerjasama dengan pihak pihak terkait.

Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan PDPPJ, Guna Gustana menyampaikan sebelumnya sosialisasi tentang peningkatan mutu produk di pasar rakyat kepada para pedagang tentang pengunaan cocovine sebagai salah satu bahan alami pengganti formalin dilaksanakan di Pasar rakyat yang dikelola oleh PDPPJ. “Produk Cocovine  ini sudah diujicobakan di beberapa pedagang yang menunjukkan hasil teknologi ini efektif untuk digunakan sebagai pengawet alami,” ujar Guna.

Selanjutnya, Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dan Kementerian Pertanian RI akan melakukan aundiensi ke PDPPJ terkait upaya percepatan hilirisasi invensi vinegar air kelapa (cocovine). 

(gft)

 

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan