Distani Gandeng PDPPJ Berikan Edukasi Tentang Mutu Produk Ikan Ke Pedagang Pasar Rakyat | PD. PASAR PAKUAN JAYA
1 | 1 02 April 2019 | Dilihat: 82 Kali | Cetak

Distani Gandeng PDPPJ Berikan Edukasi Tentang Mutu Produk Ikan Ke Pedagang Pasar Rakyat


Distani Gandeng PDPPJ Berikan Edukasi Tentang Mutu Produk Ikan Ke Pedagang Pasar Rakyat

 

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor – Dinas Pertanian (Distan) Kota Bogor menggandeng Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor untuk melakukan kunjungan dalam pengawasan atau pemantauan serta memberikan edukasi tentang mutu produk ikan segar kepada pedagang Pasar Baru Bogor di Pasar Baru Bogor, Selasa (02/4/2019). Kunjungan yang bekerja sama dengan Bidang Perikanan Distan Kota Bogor tersebut merupakan program dari Bidang Perikanan Dinas Pertanian Kota Bogor yang selaras dengan program PDPPJ. Kunjungan yang diawali dengan rapat koordinasi antara Direksi PDPPJ dengan Distan Kota Bogor tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Perikanan, Drh. Wina, M.A.

Wina menjelaskan bahwa Distani Kota Bogor bidang perikanan melakukan pengawasan atau pemantauan peredaran produk perikanan diantaranya pada hari ini memeriksa ikan – ikan segar, yaitu udang, ikan patin, cumi dan lainnya. Harapannya produk yang beredar di Pasar Baru Bogor ini memenuhi kesehatan tidak mengandung bahan berbahaya bagi tubuh, contohnya formalin, karena formalin sangat berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit kanker. Tidak hanya formalin saja bahan berbahaya yang terdapat dalam ikan oleh karena itu Distani Kota Bogor Bidang Perikanan berupaya secara rutin melakukan pengawasan kesetiap produk perikanan yang beredar dipasaran kota Bogor diantaranya Pasar Baru Bogor.

“Harapan kami kedepan Distani Kota Bogor, Bidang Perikanan bisa bekerja sama dengan PDPPJ untuk menata pasar, sementara tugas kami membina para pedagang terutama produk perikanan sehingga disini mempunyai pasar yang sehat, pasar sehat dalam arti produk yang diedarkan sehat dan sehat juga untuk masyarakat, hal tersebut juga mendukung salah satu program dari Walikota Bogor menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang sehat,” ungkap Wina.

Kepala Bagian Usaha Jasa PDPPJ, Iwan Suwandi menyampaikan Kegiatan pengawasan peredaran produk perikanan adalah suatu langkah yang maju adanya kerjasama dengan Distani Bidang Perikanan karena kebetulan Sumber Daya manusia (SDM) yang ada di PDPPJ masih kurang sehingga dengan adanya bantuan tenaga dari pihak Distani Bidang Perikanan akan lebih meningkatkan pengawasan pangan yang akan dilakukan PDPPJ. “Jadi, sebaiknya hal ini bisa dilakukan secara rutin per 2 minggu / perbulan sehingga sirkulasi barang barang yang masuk yang tidak bagus akan dapat terdeteksi oleh PDPPJ, yang intinya masyarakat akan diamankan dalam segi mendapatkan pangan sehari-hari,” ujarnya.

Guna Gustana, Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan Pedagang PDPPJ menambahkan, pembinaan tersebut tentunya akan memberikan dampak positif baik itu untuk PDPPJ, pedagang maupun konsumen. Manfaat untuk PDPPJ artinya memberikan citra baik terhadap produk yang akan dijual, untuk pedagang tentunya akan meningkatkan pendapatan atau omset penjualan pedagang karena ketika masyarakat puas mengetahui produk terbebas dari bahan berbahaya tentunya konsumen yang membeli produk di Pasar Baru Bogor akan meningkat karena pedagang menjual produk yang berkualitas.”Kita pun di PDPPJ wajib untuk berikan edukasi karena PDPPJ didirikan bukan hanya untuk meningkatkan pendapatan akan tetapi ada juga social oriented dan juga untuk perlindungan konsumen. Alhamdulillah kegiatan ini selalu di support oleh instansi terkait seperti contohnya Dinas pertanian, Dinas kesehatan dan Dinas perdagangan. Nah untuk kali ini kita lakukan pembinaan dengan rekan rekan di Dinas pertanian,”tutup Guna.

(gft)

 

 

 

 

 

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan