Kenalkan Pasar Tradisional, TK RA. Al Bunaya Loji Sindang Barang Ajak Siswa Siswinya Belanja Ke Pasar Gunung Batu | PERUMDA PASAR PAKUAN JAYA
1 | 1 22 Januari 2020 | Dilihat: 509 Kali | Cetak

Kenalkan Pasar Tradisional, TK RA. Al Bunaya Loji Sindang Barang Ajak Siswa Siswinya Belanja Ke Pasar Gunung Batu


Kenalkan Pasar Tradisional, TK RA. Al Bunaya Loji Sindang Barang Ajak Siswa Siswinya Belanja Ke Pasar Gunung Batu

PDPPJKOTABOGOR.COM,-  Bogor –  Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor unit Pasar Gunung Batu kedatangan tamu - tamu “kecil” pagi tadi,  Rabu (22/01/2020). Sekolah Taman Kanak Kanak Raudhatul Athfal (TK. RA) Al Bunaya Loji Sindang Barang mengadakan pengenalan lingkungan di pasar tradisional kepada para muridnya dengan melihat objek Pasar Tradisional.

Kegiatan mengedukasi anak untuk mencintai pasar tradisional sebagai basis ekonomi kerakyatan dan rumah ekonomi rakyat diciptakan dengan melakukan kunjungan ke pasar gunung batu, bogor barat. Kepala Unit Pasar Gunung Batu, Iwan Arief Budiman menjelaskan bahwa anak - anak diajak berkeliling pasar melihat situasi atau kehidupan pasar secara langsung.

“Tak sekadar melihat-lihat namun mereka diberi ruang untuk berinteraksi langsung dengan para pedagangnya  biar anak mencintai pasar tradisonal, lebih baik belanja di pasar tersebut daripada di mall atau supermarket. Anak anak jadi mengenal lingkungan baru yang belum dikenalnya. Di pasar, kami mengajak anak-anak berani bertanya langsung atau menjawab pertanyaan dari para pedagang. Sebanyak 76 siswa siswi langsung melaksanakan praktek belanja –belanja  berikut memahami transaksi dan mengenal ragam jenis-jenis komoditi  seperti sayur, buah buahan, Sembilan bahan pokok (sembako), daging dan lainnya,” kata Iwan.

Setelah diajak melakukan praktek bertransaksi di pasar, siswa siswi di persilahkan untuk masuk keruang membaca di unit pasar gunung batu untuk membaca buku-buku dan edukasi serta mendengarkan penjelasan tentang pasar-pasar  tradisional dari guru - guru dan pengurus pasar.

Tujuannya adalah edukasi dan pemahaman anak-anak tentang pasar tradisional itu juga  aman, nyaman segar /fresh dan Higienis. “Harapannya ke depan adalah pengetahuan dan pemahaman anak-anak mengenai pasar tradisional, dan buat sekolah lain baik TK maupun SD dipersilahkan untuk berkunjung ke pasar sebagai bagian dari praktek mata pelajaran ekonomi. Hal ini berdampak positif tentang image pasar secara umum yang membuat kepercayaan dan tingkat antusias kunjungan kembali masyarakat ke pasar - pasar tradisional meningkat,” ujarnya.

 

(gft)


Author: Admin


Tags:

Bagikan