PDPPJ Fasilitasi Karyawan dalam Pembayaran Zakat | PD. PASAR PAKUAN JAYA
2 | 2 04 Juni 2018 | Dilihat: 146 Kali | Cetak

PDPPJ Fasilitasi Karyawan dalam Pembayaran Zakat


PDPPJ Fasilitasi Karyawan dalam Pembayaran Zakat

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor – Zakat fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan ramadhan menjelang idul fitri. Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan zakat fitrah karena telah diwajibkan bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, anak kecil atau orang dewasa. Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor bersama Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor melakukan sistem jemput bola dengan menyediakan tempat pembayaran zakat di kantor pusat PDPPJ  guna memudahkan karyawannya menyalurkan zakat. 

Iban Subandi, salah satu karyawan PDPPJ yang juga bertugas sebagai pelaksana pengumpul zakat di PDPPJ menjelaskan, penyediaan tempat pembayaran kantor pusat merupakan program Baznas Kota Bogor dalam menjemput bola pembayaran zakat dari karyawan PDPPJ.

Menurutnya, salah satu tujuan dirinya mempunyai tugas sebagai pelaksana pengumpul zakat adalah untuk memberikan pelayanan bagi karyawan yang ingin melaksanakan pembayaran zakat agar disiplin zakat. “Insya Allah dengan seperti ini (menjemput bola – red), kami bisa membantu teman teman yang tidak sempat datang ke masjid ataupun pembayaran zakat ditempat lainnya,” kata Iban.

Pembayaran zakat tersebut dimulai pada hari ini, senin (04 juni 2018) sampai dengan hari jumat 08 juni 2018, ini dikarenakan hari operasional kerja karyawan sampai dengan tanggal tersebut. Hendaknya karyawan PDPPJ bisa membayar zakat sebelum hari operasional kerja.  Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi :
“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Zakat tersebut nantinya akan disetorkan ke Baznas Kota Bogor sebagai pengelola zakat di Kota Bogor yang di tunjuk langsung  oleh Pemerintah Kota Bogor. Iban pun berharap supaya karyawan PDPPJ tidak lupa dan menyepelekan masalah zakat, karena hal tersebut merupakan rukun islam yang ke empat dan tentunya juga untuk melengkapi kewajiban setiap muslim.

(gft)

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan