Hadirkan Pasar Ikan Murah Penggemar Ikan Serbu Pasar Bogor | PD. PASAR PAKUAN JAYA
3 | 3 31 Mei 2018 | Dilihat: 113 Kali | Cetak

Hadirkan Pasar Ikan Murah Penggemar Ikan Serbu Pasar Bogor


Hadirkan Pasar Ikan Murah Penggemar Ikan Serbu Pasar Bogor

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor - Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menyelenggarakan Bazar Ramadhan Pasar Ikan Murah, kali ini Unit Pasar Baru Bogor yang menjadi lokasi terakhir Bazar Ramadhan ini, setelah sebelumnya sukses di tiga pasar lain nya yaitu Pasar Gunung Batu, Sukasari, dan Merdeka. 

Antusias Konsumen Terhadap bazar ramadhan Pasar Ikan Murah ini terbilang cukup besar terlihat saat pertama membuka lapak di tempat yang telah disediakan oleh unit Pasar baru Bogor, konsumen yang merupakan warga sekitar pasar maupun dari luar pasar langsung menyerbu produk – produk olahan ikan yang telah di kemas rapi dan menarik, ada pula penjual yang menjajakan produk nya dengan cara memberikan paket hemat 1 paket ikan olahan dengan harga terjangkau.

Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan Pedagang PDPPJ, Guna Gustana menyampaikan tujuan kegiatan bazar ramadhan pasar ikan murah ialah untuk menyediakan ikan berkualitas dengan harga terjangkau dan menyediakan ikan sebagai alternatif substitusi asupan protein bagi masyarakat karena adanya kenaikan pada komoditas pangan pokok lainnya selama bulan ramadhan. “Semua yang dijual adalah supplier yang telah di tunjuk oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan juga untuk masalah harga kita sudah bersepakat untuk mengeluargan harga 25 persen lebih murah dari harga pasaran. Kegiatan ini juga sebagai moment untuk meramaikan pasar rakyat di kota bogor,” tutur Guna.

Kementrian Kelautan dan perikanan tengah semangat Kampanye perihal Gemar makan ikan ini, Konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan masih terbilang rendah. Rata-rata, tingkat konsumsi ikan di Indonesia baru mencapai 41 kilogram (kg) per kapita per tahun. Meski mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya di 37-38 kg per kapita per tahun, tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia (70 kg per kapita per tahun) dan Singapura (80 kg per kapita per tahun), bahkan kalah telak dengan Jepang (mendekati 100 kg per kapita per tahun).

Selain mengadakan bazar ramadhan Pasar ikan murah, PDPPJ dan Kementerian Kelautan dan perikanan pun turut melakukan edukasi terhadap konsumen dengan cara membagikan flyer yang berisikan apa saja manfaat ikan juga bagaimana memilih ikan segar.

Seperti yang diutarakan oleh ibu tuti hadiyati, salah satu konsumen yang membeli produk ikan olahan dan fillet ikan ini, “ Alhamdulillah yah klo saya mah ada bazar ramadhan di pasar bogor teh , apalagi ini harganya murah murah lah, cocok untuk ukuran kantong saya di akhir bulan kayak  ini, udah gitu saya juga di kasih info apa ajah mangpaat (Manfaat - red) ikan sama gimana cara nya pilih ikan yang masih seger”, Ujar Tuti.

Seperti diketahui Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah didapatkan. Mengkonsumsi ikan secara teratur memiliki dampak yang secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan anak.

Bila dipisahkan berdasarkan jenis habitatnya, ikan di bagi menjadi dua jenis, yaitu ikan air tawar dan ikan laut. Manakah yang lebih baik untuk di konsumsi? Dan mengapa ikan menjadi makanan penting yang tidak dapat dihindari

Saat ini kita akan mengulas tentang kandungan gizi ikan, dan bagaimana cara pengolahannya yang benar agar manfaat dari ikan dapat terserap tubuh.

Kandungan protein bergantung terhadap pakan dan kadar air ikan berkembang. Daging ikan memiliki kadar kolagen yang lebih rendah dari daging sapi, sehingga bertekstur lebih lembut.

Kandungan protein dari ikan basah sebesar 17 persen 5edangkan ikan kering 40 persen Ikan sendiri mengandung asam amino yang tidak akan rusak bila diproses ketika masak. Ikan memiliki Kadar lemak sebesar 1-20 persen yang mudah diserap oleh tubuh, terdapat pula protein, vitamin A, vitamin D, vitamin B kompleks, Kalium, Yodium, Selenium, Seng, Flour, mineral dan omega.

Seluruh zat tersebut berguna untuk :

merangsang pertumbuhan sel otak anak, mencegah serangan jantung sebesar 50 persen memperbaiki fungsi retina dan fungsi kognitif anak, menguatkan gigi dan tulang, mencegah kerusakan saraf dan mencegah anemia. Lalu, bagaimana cara mengolahnya agar manfaat tersebut dapat diserap oleh tubuh? Ikan yang masih segar tentu lebih baik untuk dikonsumsi.

Berdasarkan kandungan gizinya, dianjurkan untuk memilih ikan laut karena lebih lengkap nutrisinya, seperti bandeng dan tuna. Hindari ikan olahan yang dikemas dalam kaleng.

Pilih metode mengukus, dipepes, tim, atau ditumis untuk memasak ikan. Karena bila ikan digoreng dengan margarin maka kadar lemaknya akan meningkat. Sedangkan bila digoreng kering, ikan akan kehilangan zat omega 3, begitu pula dengan dibakar. Kandungan omega 3 banyak terdapat di mata ikan.

Jadi tunggu Apa lagi

#AyoMakanIkan

Agar Sehat dan Cerdas

(ata)

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan