PDPPJ Monitor Pasokan dan Harga Komoditas Pangan Prioritas Setiap Hari | PD. PASAR PAKUAN JAYA
2 | 2 15 Maret 2017 | Dilihat: 82 Kali | Cetak

PDPPJ Monitor Pasokan dan Harga Komoditas Pangan Prioritas Setiap Hari


PDPPJ Monitor Pasokan dan Harga Komoditas Pangan Prioritas Setiap Hari

 

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor – Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor akan memonitor pasokan dan harga komoditas pangan prioritas di lima pasar besar di Kota Bogor. Adapun kelima pasar tersebut adalah Pasar Baru Bogor, Pasar Kebon Kembang, Pasar Pasar Gunung Batu, Pasar Jambu Dua, dan Pasar Sukasari.

Keputusan tersebut diambil setelah PD PPJ menghadiri rapat sosialisasi pelaporan harian enumerator Jabodetabek Purwakarta Karawang, Selasa (14/3) di kantor Kementerian Pertanian Jakarta Selatan. Pada rapat tersebut, PD PPJ meengirimkan lima orang perwakilan sebagai representasi lima pasar yang akan bertugas sebagai pengumpul data atau enumerator.

Kepala Bidang harga Pangan Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementerian Pertanian RI, Maino Dwi Hartono menjelaskan bahwa pangan menjadi kebutuhan dasar manusia yang utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin dalam Undang-Undang dasar Republik Indonesia tahun 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. “Oleh karena itu, ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan merupakan prasyarat utama yang harus dipenuhi,” jelas Maino.

“Mengingat kondisi pangan senantiasa bergerak dinamis dan cenderung berfluktuasi mengikuti perkembangan kondisi domestik dan internasional, maka pasokan dan harga pangan perlu dimonitor terus menerus agar jika goncangan (shock) pada pangan dapat dideteksi sedini mungkin. Deteksi dini tersebut dapat dilakukan dengan baik jika tersedia data yang akurat dan up to date,” lanjut Maino.

Sosialisasi yang dihadiri 50 enumerator yang berasal dari Jabodetabek Purwakarta dan Karawang ini meliputi sosialisasi laporan harian, pemberian fasilitas komunikasi pengiriman data serta perjanjian kesediaan menjadi enumerator.

Saat ini, PD PPJ Kota Bogor rutin mempublikasikan harga komoditas pangan di pasar rakyat yang di bawah pengelolaannya pada website http://pdppjkotabogor.com/komoditas/harga. Enumerator PDPPJ mengumpulkan dan merekap harga komoditas pangan melalui fasilitas komunikasi pengiriman data untuk diinput dan dilaporkan setiap harinya ke menu web Panel Harga Pangan BKP Pusat Distribusi dan Cadangan.

Adapun panel harga pangan pengumpulan data harga dan pasokan pangan ditingkat eceran yang dibutuhkan untuk pelaporan ke Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementerian Pertanian meliputi beras (premium, medium, termurah), jagung (pipilan), kedelai, gula pasir, bawang merah, cabe merah keriting, cabe rawit merah, cabe rawit, daging ayam ras, telur ayam ras, daging sapi, minyak goreng curah dan terigu curah.

(gft)

 

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan