Pasar Devris, Pusat Batu Akik dan Sentra Kuliner | PD. PASAR PAKUAN JAYA
3 | 2 10 Januari 2018 | Dilihat: 215 Kali | Cetak

Pasar Devris, Pusat Batu Akik dan Sentra Kuliner


Pasar Devris, Pusat Batu Akik dan Sentra Kuliner

PDPPJKOTABOGOR.COM,  Pasar Devris berlokasi di Jalan Veteran, Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah.  Pasar ini sempat direvitalisasi pada tahun 2013 yang lalu. Dibangun di atas tanah seluas 400 m2 dengan luas bangunan  160 m2.

PD Pasar Pakuan Jaya selaku pengelola pasar rakyat ingin memadukan pelayanan (social center) dan perusahaan (benefit center) membuat konsep tematik untuk setiap pasar karena setiap pasar memilki khas tersendiri. Berlokasi tidak jauh dari stasiun Bogor dan jembatan merah, Pasar Devris dikenal sebagi pusat batu akik dan kuliner.

Bagunan dua lantai ini dapat menampung hingga 100 pedagang. Pada lantai dasar terdapat kios dan los dan lantai atas sepenuhnya dimanfaatkan untuk los.

Awalnya, PDPPJ merangkul pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sepanjangan Jalan Veteran untuk berdagang di dalam pasar agar Kota Bogor semakin tertib dan rapi. Para PKL yang ditempatkan di lantai ataas pun menyambut baik langkah tersebut dan mengakui bahwa berjualan di dalam pasar lebih murah dibandingkan di pinggir jalan karena banyak pungutan liar.

Walaupun sekarang tren batu akik sudah meredup, tetapi masih banyak kolektor dan penggemar batu akik yang berkunjung ke Pasar Devris. Di pasar ini juga, pengunjung dapat membeli bahan cincin dan perak bahkan tersedia juga jasa potong dan poles.

Selain batu akik, Pasar Devris juga menjadi tujuan bagi para pemburu kuliner tradisional, khususnya doclang. Pasar ini juga menyediakan kebutuhan pangan sehari-hari warga sekitar, seperti sayur mayur, daging, lauk pauk, higga toko  kelontong.

Untuk menuju Pasar Devris, masyarakat luar Bogor dapat menggunakan kereta listrik (KRL) dan berjalan kaki menuju arah jembatan merah. Angkutan kota yang melewati pasar ini antara lain, angkot nomor 03 merah, 02 merah, dan 07 merah.

(gft)

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan