PDPPJ Selenggarakan Pelatihan Mitigasi Bencana Kebakaran | PERUMDA PASAR PAKUAN JAYA
14 | 16 28 Desember 2015 | Dilihat: 664 Kali | Cetak

PDPPJ Selenggarakan Pelatihan Mitigasi Bencana Kebakaran


PDPPJ Selenggarakan Pelatihan Mitigasi Bencana Kebakaran

Bogor - PD Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor menyelenggarakan kegiatan pelatihan mitigasi bencana kebakaran pasar rakyat di Pasar Kebon Kembang(28/12/15). Hal tersebut untuk meningkatkan pengetahuan pegawai PDPPJ dalam mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran.Kegiatan pelatihan mitigasi ini merupakan hasil kerjasama antara Yayasan Danamon Peduli  dan PDPPJ. Yayasan Danamon Peduli sendiri sudah terkenal komitmennya untuk meningkatkan pengetahuan pengelola pasar rakyat di Indonesia agar memenuhi standar nasional pasar rakyat.

Direktur Operasional PDPPJ, Syuhairi saat membuka acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Danamon Peduli yang membantu melaksanakan kegiatan ini. "Kami memang sangat membutuhkan Alat Pemadam Api Sederhana (APAR) dan pengetahuan cara penggunaannya agar para staf K3 dapat mengoptimalkannya" ujar Syuhairi.

Pelatihan dengan tema Menuju Pasar Rakyat Aman Bencana tersebut disampaikan oleh Joko S dari Pemadam Kebakaran Kota Bogor. "Setiap jenis kebakaran memerlukan perlakuan yang berbeda untuk memadamkannya" kata Joko mengawali paparan materinya.

Joko menambahkan terdapat 4 kelas bahan yang terbakar, yakin kelas A benda padat, kelas B benda cair, kelas c listrik, dan kelas D logam. Dengan mengenali jenis media pemadam agar dapat memilih jenis media pemadaman yang tepat dari klasifikasi kebakaran tertentu."Kebakaran karena arus listrik jika dipadamkan dengan air, maka apinya akan mati, tapi orang yang memadamkannya juga bisa gosong" kata Joko dengan serius.

Joko juga menekankan bahwa APAR yang digunakan harus diperhatikan tanggal kadaluarsanya dan kondisi fisik alat. "APAR yang kualitasnya kurang baik bisa membahayakan bagi petugas dan membahayakan orang disekitar"  tegas Joko yang kerap kali mengisi pelatihan mitigasi bencana kebakaran diberbagai instansi . Pada pelatihan yang diikuti oleh Staf K3 PDPPJ ini juga dilakukan simulasi pemadaman kebakaran menggunakan APAR dan karung basah. (hid)


Author: administrator


Tags:

Bagikan



untuk memberikan komentar silahkan login terlebih dahulu.
{Tidak Ada Komentar}