Pasar Gunung Batu, Pasar Rakyat Percontohan Kota Bogor | PD. PASAR PAKUAN JAYA
2 | 3 30 November 2017 | Dilihat: 78 Kali | Cetak

Pasar Gunung Batu, Pasar Rakyat Percontohan Kota Bogor


Pasar Gunung Batu, Pasar Rakyat Percontohan Kota Bogor

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor - Pasar Gunung Batu berada di Jalan  Mayjen Ishak Juarsa No 12A, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat. Pasar ini dibangun di atas tanah seluas 2.495 m2 dengan luas bangunan 2.778 m2.

Pasar Gunung Batu berada di pusat keramaian dekat dengan pusat kota. Bangunan pasar terdiri dari dua lantai. Lantai dasar tempat pedagang yang menjual komoditas kering, seperti pakaian, emas, penjahit, apotek. Sementara pedagang basah ditempatkan di lantai satu. Produk unggulan Pasar Gunung Batu adalah sayur mayur dan pakaian jadi.

Pasar yang menjadi tempat mencari nafkah 300an pedagang ini dinobatkan sebagai pasar percontohan di Kota Bogor. Pasar Gunung Batu kerap kali mewakili pasar rakyat Kota Bogor untuk berpartsipasi dalam Lomba Pasar Rakyat tingkat Jawa Barat.

Pasar Gunung Batu juga dinobatkan sebagai pasar tertib ukur pada lomba Pasar Tertib Ukur tingkat Jawa Barat. Sebagian besar timbangan yang digunakan pedagang Pasar Gunung Batu telah ditera ulang oleh Dinas Perdagangan Kota Bogor. Pasar ini juga mendapatkan bantuan alat tera ulang dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia. Dengan adanya alat yang diletakkan ditangga utama lantai satu ini, masyarakat yang telah berbelanja dapat menimbang kembali barang dan belanjaannya Jika terdapat selisih timbangan, pembeli dapat kembali ke pedagang untuk menambah selisih tersebut.

Sebelum bangunan pasar direvitalisasi, pasar ini terlihat semrawut dan banyak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di bahu jalan. PKL tersebut kerap kali membuat kemacetan jalan di sekitar pasar. Namun setelah direvitalisasi, seluruh PKL diarahkan masuk berjualan di dalam pasar sehingga tidak mengganggu kelancaran lalu lintas. Pemindahan PKL agar berjualan di dalam pasar menjadi salah satu catatan sukses PDPPJ yang akan diterapkan juga untuk pasar lainnya.

(gft) 


Author: Admin


Tags:

Bagikan