Grebek Pasar, Kenalkan Teknologi Era Digital Online | PD. PASAR PAKUAN JAYA
2 | 2 20 Maret 2019 | Dilihat: 237 Kali | Cetak

Grebek Pasar, Kenalkan Teknologi Era Digital Online


Grebek Pasar, Kenalkan Teknologi Era Digital Online

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) gandeng Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor gelar Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Go Online di tahun 2019. Rangkaian kegiatan tersebut adalah Grebek Pasar yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan bisnis para pelaku UMKM melalui pemanfaatan teknologi.

Grebek Pasar merupakan kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk membantu proses transformasi digital pelaku UMKM mendampingi pedagang agar mahir dalam melakukan transaksi secara online. Teknologi sendiri sudah masuk ke segala aspek kehidupan masyarakat, dari pembelian produk sehari-hari, transportasi, transaksi perbankan, jasa pengiriman, pembayaran tagihan, jasa pengiriman, dan lain lain, karena itulah, penting bagi pelaku UMKM beradaptasi dengan perubahan itu, dengan cara go online. Keuntungan yang didapat apabila pedagang sudah mahir dalam melakukan transaksi secara online adalah pedagang dapat membuka cabang baru, dapat mengirim paket setiap hari, banjir pesanan, omset melesat dan pembeli tidak terbatas oleh waktu yaitu 24 jam.

Adapun kegiatan grebek pasar tersebut diselenggarakan di pasar PDPPJ hingga pekan ini, yaitu di Pasar Kebon Kembang (18-19 Maret 2019), Plaza Bogor dan Pasar Bogor (20-21 Maret 2019), Pasar Sukasari dan Pasar Gunung Batu (22-23 Maret 2019) dengan jadwal pukul 08.00 Wib – 15.00 Wib.

Menurut Iwan Suwandi, Kepala Bagian Usaha Jasa PDPPJ, grebek pasar merupakan suatu program yang di gagas Kominfo untuk pemberdayaan pedagang dengan tujuan para pedagang lebih terbuka wawasannya mengenai  informasi teknologi, agar pedagang tersebut juga bisa berjualan secara online. “Dengan berjualan secara online,  pedagang bisa memperoleh pendapatan  yang lebih disamping dari penjualan biasa kepada konsumen. Pedagang juga bisa menjual dagangannya ke seluruh Indonesia bahkan ke manca negara,” tuturnya.

Kepala Unit Pasar Kebon Kembang, Sulhan menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut, pedagang dapat belajar meningkatkan omset melalui e-commerce di era digital online. Karena tujuan adanya Grebek pasarpun dilakukan untuk memberikan fasilitas pengenalan teknologi digital. “Mudah-mudahan Kominfo dapat terus melakukan pembinaan, agar potensi pasar rakyat dijaring menjadi lebih luas, kegiatan tersebut juga terbuka untuk para pedagang dalam pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), karena NPWP merupakan salah satu syarat untuk membuat Kartu Izin Berdagang,” tutup Sulhan.

(gft)


Author: Admin


Tags:

Bagikan