Kementerian Kelautan dan Perikanan Gandeng PDPPJ, Jamin Ketersediaan Produk Perikanan | PD. PASAR PAKUAN JAYA
3 | 3 25 April 2019 | Dilihat: 204 Kali | Cetak

Kementerian Kelautan dan Perikanan Gandeng PDPPJ, Jamin Ketersediaan Produk Perikanan


Kementerian Kelautan dan Perikanan Gandeng PDPPJ, Jamin Ketersediaan Produk Perikanan

PDPPJKOTABOGOR.COM,  Bogor – Dalam rangka menjamin ketersediaan dan keterjangkauan produk perikanan menjelang bulan ramadhan dan Idul Fitri 1440 H. Kementerian Kelautan dan Perikanan c.q Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan pasar ikan murah. Persiapan tersebut diawali dengan adanya rapat koordinasi (rakor) melalui sinergitas dengan berbagai pihak terkait, termasuk Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor (24/04).

Kegiatan rakor yang di selenggarakan di ruang rapat Gurame, Gedung Mina bahari (GMB) IV Lt 15 Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta Pusat tersebut di ikuti oleh Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan Pedagang dan kepala Unit Pasar Sukasari.

Adapun beberapa latar belakang dalam persiapan pasar ikan murah di bulan ramadhan dan Idul Fitri 1440 H, yaitu adanya indikator kinerja utama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah peningkatan angka konsumsi ikan, Program Gemarikan terus digalakkan – melibatkan seluruh stakeholders, Menghadapi bulan ramadhan dan Idul Fitri 1440 H KKP mendukung upaya stabilisasi harga kebutuhan pangan pokok terutama produk perikanan, yang terakhir adalah adanya bazar ikan murah menjadi salah satu upaya yang dapat disinergikan dengan seluruh stakeholders lainnya yang terkait.

Fenomena puasa dan lebaran sering kita ketahui yaitu adanya kenaikan harga dan keterbatasan pasokan, diadakannya pasar murah bertujuan untuk menjaga kestabilan harga, menjaga pasokan dan mendekatkan produk pada konsumen.

Mengapa harus ikan?, Ikan sebagai komoditas strategi. Yakni pertama ikan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya, yang kedua yaitu potensi produksi sangat besar secara ekonomi kandungan lokal sangat tinggi, yang ketiga adalah Keragaman jenis sangat tinggi dan tersedia sepanjang tahun, keempat adalah Hemat energi, dan yang kelima atau terakhir yaitu harganya sebagian lebih murah daripada harga protein hewani lainnya.

Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan Pedagang PDPPJ, Guna Gustana menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini salah satunya adalah untuk menyediakan ikan berkualitas dengan harga terjangkau, dan menyediakan ikan sebagai alternatif subsitusi asupan protein bagi masyarakat. “Kedepannya juga akan ada program lainnya yang akan di sinergiskan antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan PDPPJ,” tutup Guna.

(gft)

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan