PDPPJ Gandeng Dinkes Berikan Penyuluhan PHBS Ke Pedagang Pasar Gunung Batu | PD. PASAR PAKUAN JAYA
3 | 2 27 Agustus 2019 | Dilihat: 106 Kali | Cetak

PDPPJ Gandeng Dinkes Berikan Penyuluhan PHBS Ke Pedagang Pasar Gunung Batu


PDPPJ Gandeng Dinkes Berikan Penyuluhan PHBS Ke Pedagang Pasar Gunung Batu

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor –  Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor besama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor didampingi tim sanitarian Puskesmas Pasir Mulya Bogor menyelenggarakan penyuluhan kesehatan bagi pedagang di Pasar Gunung Batu (26/08).

Kegiatan penguatan dan pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada pedagang tersebut dihadiri oleh para pedagang dan masyarakat yang hendak berbelanja di Pasar Gunung Batu dan bertempat di lantai satu pasar.

Definisi pasar sehat sendiri sesuai dengan Kepmenkes 519 tahun 2008 adalah kondisi pasar yang bersih, aman, nyaman dan sehat yang terwujud melalui kerjasama stakeholder terkait dalam menyediakan bahan pangan yang aman dan bergizi bagi masyarakat.

Mengapa pasar rakyat direvitalisasi menuju pasar sehat, karena agar mampu bersaing dengan pasar modern serta mengurangi potensi penularan atau penyebaran penyakit antar hewan dan antar hewan ke manusia dan juga mengangkat perekonomian masyarakat menengah kebawah dan juga merupakan salah satu tolok ukur peningkatan ekonomi daerah.

Iwan Arief Budiman, Kepala Unit Pasar Gunung Batu menyampaikan tujuan dari diadakannya penyuluhan seperti ini adalah agar para pedagang lebih memahami tentang pentingnya pasar yang sehat bersih dan nyaman. “Masyarakat lingkungan pasar juga diharap mendukung penuh demi lingkungan yang bersih dan sehat bukan hanya pada petugas pasar dan kebersihan, point kebersihan pasar dapat berdampak kepada kepercayaan masyarakat untuk kembali berbelanja di pasar rakyat,” tutup Iwan.

 

(gft)

 

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan