Jalin Kerjasama PDPPJ dan Baznas Kota Bogor Fasilitasi Pedagang Pasar Dalam Pembayaran Zakat | PD. PASAR PAKUAN JAYA
3 | 3 08 Juni 2018 | Dilihat: 165 Kali | Cetak

Jalin Kerjasama PDPPJ dan Baznas Kota Bogor Fasilitasi Pedagang Pasar Dalam Pembayaran Zakat


Jalin Kerjasama PDPPJ dan Baznas Kota Bogor Fasilitasi Pedagang Pasar Dalam Pembayaran Zakat

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor - Zakat fitrah adalah zakat (sedekah) jiwa. Istilah tersebut diambil dari kata fitrah yang merupakan asal dari kejadian. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim, anak-anak maupun dewasa, orang merdeka maupun hamba sahaya, laki-laki dan perempuan sebesar 1 sha atau 2,176 kg beras atau dibulatkan menjadi 2,5 kg atau 3,5 liter beras, sebelum hari raya Idul Fitri.

Dari Ibnu Umar ra. Beliau berkata : ”Rasulullah Saw telah memfardhukan zakat fitrah 1 sha’ dari kurma atau gandum atas budak,orang merdeka, laki-laki danperempuan, anak kecil dan orang tua dari seluruh kaum muslimin. Dan beliau perintahkan supaya dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk shalat ‘Id.” (HR. Bukhori).

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor bersama Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor melakukan sistem jemput bola dengan menyediakan tempat pembayaran zakat di Unit Pasar Baru Bogor guna memudahkan Pedagang maupun warga sekitar pasar untuk menyalurkan zakat.

Menindaklanjuti hal tersebut melalui surat Nomor 511.2/316/PD.PPJ/V/2018 tanggal 15 mei 2018 perihal pembukaan Counter Zakat di Unit Pasar, pihak Badan Amil Zakat Kota Bogor bisa langsung menghubungi pihak Unit Pasar, dan unit pasar bogor melalui Kepala Unit nya, Hardian Rakhman  tentu saja sangat mendukung program jemput bola yang dilakukan oleh BAZNAS.

“Tentu saja Unit Pasar Bogor sangat mendukung program BAZNAS yang memfasilitasi pedagang dalam pembayaran zakat, sehingga bagi pedagang atau warga sekita pasar yang ingin membayar zakat, ataupun kebetulan belum membayar zakat, bisa dilakukan di counter BAZNAS yang telah tersedia di lantai 2 unit Pasar Baru Bogor, yang jelas ini baik untuk pedagang pasar maupun warga sekitar pasar  karena kami yakin dana yang terkumpul di BAZNAS akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan dan tentunya sesuai Syariat Islam”, ujar kang Iyang sapaan akrabnya.

Lain hal nya dengan dengan Utam Rusdiana seorang warga sekitar pasar yang kebetulan sedang berkunjung ke pasar mengantar istrinya berbelanja, tidak melewatkan kesempatan yang ada untuk membayar zakat fitrah, “ sebetulnya saya mah ke pasar teh Cuma nganter istri aja belanja ke pasar, pas istri saya lagi belanja da saya juga sambil liat-liat sih kesini juga, eh ternyata ada tempat (Counter -red) bayar Zakat, ya sudah sekalian aja saya bayar zakat saya dan keluarga daripada saya lupa, karena zakat itu wajib yah, jadi nggak ada salah nya juga saya bayar disini toh bayar nya juga di BAZNAS jadi insya allah terpercaya”, pungkas Utam.

Sementara dari pihak petugas BAZNAS di unit pasar bogor mengutarakan “ Alhamdulillah untuk pembayaran zakat, Khususnya Zakat Fitrah di unit pasar bogor ada saja yang menitipkan zakat nya ke BAZNAS Kota Bogor, memang sih di awal-awal kami buka counter zakat ini tidak ada satu pun yang menitipkan zakatnya ke BAZNAS, namun mendekati hari raya Idul Fitri ini seiring ramai nya pasar bogor juga, banyak pedagang maupun warga sekitar pasar yang mulai menitipkan pembayaran Zakat”, ungkap Petugas Baznas yang enggan disebutkan namanya.

(ata)


Author: Admin


Tags:

Bagikan