SIARAN PERS (HAK SEWA PAKAI KIOS DI PASAR BOGOR) | PD. PASAR PAKUAN JAYA
26 | 23 06 Agustus 2015 | Dilihat: 1511 Kali | Cetak

SIARAN PERS (HAK SEWA PAKAI KIOS DI PASAR BOGOR)

SIARAN PERS -- HAK SEWA PAKAI KIOS DI PASAR BOGOR

Sehubungan dengan adanya perbedaan pandangan antara PD Pasar Pakuan Jaya dengan beberapa pedagang terkait dengan masa berlakunya Hak Sewa Pakai Kios di Pasar Bogor, bersama ini kami sampaikan hal- hal sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui masa waktu hak sewa pakai kios Pasar Bogor bisa mengacu kepada Perjanjian Pengikatan Jual Beli yang dibuat antara pedagang dengan pengembang PT. Guna Karya Nusantara yang ditandatangani pada tanggal 19 Oktober 1993, yang menyepakati masa waktu hak sewa pakai selama 20 tahun yang berarti hak pakai pedagang sudah berakhir pada tanggal 19 Oktober 2013, jadi hak pakai inilah yang melekat kepada para pedagang. (bukti terlampir)
  2. Selain mengacu kepada Perjanjian Pengikatan Jual Beli, kita juga bisa mengacu kepada addendum perjanjian awal dengan nomor: 644.2/SP.04-Pemb/1992 yang dibuat pada tanggal 1 Juni 1992 dibuat oleh Drs. Suratman sebagai Walikota Bogor dengan Ade Soehari sebagai Direktur PT. Guna Karya Nusantara yang isinya PIHAK KEDUA mendapat Hak Guna Bangunan atas seluruh bangunan diatas Hak Pengelolaan Pemerintah Daerah selama 20 tahun sejak peresmian penggunaannya dengan segala akibatnya. Peresmian dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 1993, sehingga seharusnya HGB tersebut berakhir pada Desember 2013.
  3. Pedagang tidak bisa mengaku- ngaku mempunyai hak sewa pakai sampai tahun 2017 dengan mengacu kepada HGB No. 1301, karena pengakuan tersebut merupakan pengakuan yang salah dan tidak berdasarkan hukum karena HGB tersebut terbit bukan atas nama pedagang sehingga hak nya tidak melekat kepada para pedagang akan tetapi atas nama PT. Guna Karya Nusantara sehingga haknya melekat kepada PT. Gunakarya Nusantara.
  4. Atas kepemilikan HGB tersebut PT. Guna Karya Nusantara membangun Pasar Bogor yang kemudian menjual Hak Sewa Pakai kepada para pedagang selama 20 tahun, dengan demikian penggunaan hak dari HGB yang melekat kepada PT. Gunakarya Nusantara pun sudah selesai dan sudah dinikmati oleh PT. Guna Karya Nusantara.selama 20 tahun sehingga tidak pada tempatnya PT. Guna Karya Nusantara masih menuntut hak nya meskipun di sertifikat HGB baru berakhir pada Nopember 2017.
  5. Berdasarkan hal-hal yang telah disampaikan diatas Hak Sewa Pakai Kios yang berada di Pasar Bogor sudah berakhir sejak bulan Desember 2013, sehingga PD Pasar Pakuan Jaya sudah berhak untuk memungut kembali hak pakai tersebut yang dihitung sejak Januari 2014 kecuali ada kebijakan lain dari managemen.
  6. Hak Sewa Pakai yang belum tertagih sejak Januari 2013 tersebut sudah dimasukan dalam laporan keuangan PD Pasar Pakuan Jaya sebagai piutang, dimana laporan tersebut sudah di audit oleh Inspektorat dan Accountan Publik serta sudah disyahkan oleh Walikota Bogor. Dengan demikian piutang tersebut harus tertagihkan, karena kalau tidak tertagihkan akan menjadi beban dan tanggung jawab PD Pasar Pakuan Jaya.
  7. PD Pasar Pakuan Jaya sudah memberikan penurunan harga Hak sewa Pakai Kios di Pasar Bogor menjadi :
    1. Lantai dasar diturunkan sebesar 15 /li>
    2. Lantai satu diturunkan sebesar 20 /li>
    3. Lantai dua dan lantai tiga diturunkan sebesar 25 /li>

Besarnya presentasi penurunan harga diatas sudah sesuai dengan permohonan para pedagang yang diwakili oleh Forum Silaturahmi Pedagang Pasar Bogor melalui surat permohonan tanggal 1 Juni 2015

  1. Kami mohon agar para pedagang memahami permasalahan ini dan segera melakukan pembayaran hak sewa pakai kios yang menjadi kewajibannya, agar tidak kehilangan hak untuk memperoleh hak pakai periode selanjutnya.

Demikian siaran pers ini kami sampaikan agar semua pihak memahami dan mengetahui duduk persoalan yang sebenarnya.

Kepala Bagian Administrasi PDPPJ

IWAN  SUWANDI, SH, MH


Author: administrator


Tags:

Bagikan



untuk memberikan komentar silahkan login terlebih dahulu.
{Tidak Ada Komentar}