PDPPJ Gandeng Mahasiswa Telkom University Tebar 1000 Kantong Tela | PD. PASAR PAKUAN JAYA
2 | 1 23 September 2019 | Dilihat: 122 Kali | Cetak

PDPPJ Gandeng Mahasiswa Telkom University Tebar 1000 Kantong Tela


PDPPJ Gandeng Mahasiswa Telkom University Tebar 1000 Kantong Tela

PDPPJKOTABOGOR.COM, Bogor  - Unit Pasar Gunung Batu Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor (PDPPJ) bersama puluhan mahasiswa dari Telkom University dan Komunitas Kahirupan Bogor kerap membagikan 1000 kantong berbahan baku tela (kantong ramah lingkungan -red) kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Gunung Batu (Sabtu pagi, 21/09/2019).

Kegiatan tebar 1000 kantong tela di Pasar Gunung Batu ini bermaksud untuk mengurangi penggunaan kantong plastik di Kota Bogor khususnya pasar gunung batu sesuai dengan program Pemerintah Kota Bogor  yaitu mewujudkan Kota Bogor tanpa kantong plastik (Botak). Kantong tela merupakan kantong yang berbahan baku saripati singkong yang proses pengerjaan produksinya tidak lama, dalam waktu dua hari tela sudah banyak diproduksi dan tela ini mudah terurai. Apabila disimpan di atas tanah dalam waktu 3 bulan sudah terurai, apabila disimpan di dalam air dan freezer tela ini akan mengkerut.

Kepala Unit Pasar Gunung Batu, Iwan Arief Budiman menyambut baik kedatangan mahasiwa Telkom University tersebut, menurutnya kampanye pengurangan penggunaan plastik itu dilakukan diseluruh dunia. “Kita semua harus tahu bahwa plastik itu diramalkan baru akan terurai lebih dari 500 tahun, saya bangga dengan mahasiswa - mahasiswa ini yang meng kampanyekan pengurangan penggunaan plastik, mereka generasi muda yang peduli kepada lingkungan, kepada pasar rakyat dan ingin merubah pola fikir masyarakat baik pedagang maupun pengunjung khususnya di pasar Gunung Batu,” ujarnya.

Ketua rombongan mahasiwa, Nabilla juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tugas akhir dari kampusnya yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswanya untuk mempromosikan produk kerajinan lokal yang sudah dikenal oleh turis turis dari mancanegara akan tetapi masih kurang dikenal oleh masyarakat lokal nya sendiri. “Tugas akhir kami menganut tema urban village Bogor Bergema dari Gong Pancasan factory sementara dikenal oleh turis dari mancanegara akan tetapi sekolah, anak - anak dan masyarakat Kota Bogornya sendiri masih  kurang mengetahui Gong ini padahal pabrik gong ini pabrik tertua diJawa Barat. Disini kami menyelipkan media yang baru (kantong tela –red) sambil membantu Walikota Bogor untuk mengusir kantong plastik tentunya membantu perekonomian kantong tela nya juga biar naik.  Tela tersebut diprodusen dari mojang jajaka 2017 bekerja sama dengan kahirupan bogor, untuk pembelian berikutnya bisa di buka web nya di www.cassaplast.co.id, ada banyak modelnya loh seperti kantong besar, bag laundry, celemek, trash bag dan lainnya,” tutup Nabilla.

 

(gft)


Author: Admin


Tags:

Bagikan